Posted in Central Java, Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur, Kuliner Khas Wonogiri & Hotel Syariah Solo

Selepas perjalanan horror nan melelahkan kemarin (bisa dibaca di sini) hari ini adalah hari santai. Jadwal hari ini adalah bersilaturahmi ke keluarga besar eyang kung jadinya santai.

Sekilas tentang kampung halaman ayah saya di wonogiri, wonogiri ini terletak di area karst (pegunungan kapur) sehingga airnya adalah air sadah (istilah kimia untuk air dengan kadar kapur yang tinggi), jenis air yang akan membuat kulit cepet kering dan kalau dimasak akan timbul kerak putih di dasar panci. Karena terletak di pedesaan kebanyakan warganya adalah warga sepuh sehingga gak mengherankan masih banyak rumah joglo asli dengan panel-panel yang terbuat dari kayu jati bermutu, halamannya pun luas sekali.

13681084_10154413563339623_5390764486045343133_n (1)

Karena di daerah karst hawanya panas dan tanahnya tidak subur sehingga kebanyakan digunakan sebagai ladang, tapi karena banyak padang ilalang ternak sapi dan kambing pun subur.

Waduk Gajah Mungkur

Merupakan objek wisata utama di wonogiri, waduk gajah mungkur ini merupakan waduk buatan yang dibuat dengan memindahkan beberapa kecamatan dengan program transmigrasi. Waduk ini dibuat untuk keperluan pengairan, irigasi, PLTA dan tentunya obyek wisata.

Dari lereng di atasnya, keindahan gaja mungkur sudah bisa dinikmati, di sepanjang lereng banyak berjejer rumah makan lesehan yang menjual menu khas waduk : ikan wader goreng kering, mujair bakar manis dan sambal bawang ekstra pedas.

Ikan wader ini mirip dengan ikan teri, digoreng kering tapi tidak terlalu asin. Sementara untuk beberapa orang mungkin ada yang beranggapan mujair bakarnya terlalu manis, tapi sebagai penggemar makanan manis saya sih suka banget, sebagai penyeimbang cukup dicocol dengan sambal bawang yang pedasnya menyengat.

13631552_10154402252244623_6360002817707966391_n

Di sini banyak pengamen tapi bukan pengamen biasa melainkan nenek sinden berkebaya dan bersanggul yang merdu melantunkan tembang-tembang jawa diiring dengan petikan alat musik sejenis kecapi dari sang kakek. Enak didengarkan disertai semilir angin dan pemandangan yang memanjakan mata sehingga membuat hidangan yang tersaji makin enak.

Puas menyantap kuliner, kami bergegas mampir sebentar ke kawasan waduk, musim lebaran seperti ini waduk gajah mungkur merupakan biang macet karena hampir semua orang jalan-jalan ke sini. Datang saat jam 12-an membuat kami sulit mendapatkan parkir. Karena memang tengah hari saat matahari menyengat, kami hanya mampir sebentar sambil mengajak anak-anak naik kereta kelinci dan bermain sebentar di area playground. Sebenarnya di waduk ini juga terdapat waterboom, kebun binatang mini, perahu dayung, perahu bebek dan lainnya, tapi karena sudah capek dan kelewat ramai kami memutuskan pulang untuk beristirahat.

Hotel Syariah Solo

Karena sudah terlanjur booking jauh sebelum lebaran dan tentunya tidak bisa dibatalkan, sehabis acara syukuran eyang kung, jam 20.00 malam kami bertolak ke Solo. Masih merasa was-was karena perjalanan semalam yang horror, saya meyakinkan suami kalau jalur wonogiri – solo itu jalan besar yang ramai semuanya.

Perjalanan lancar dan hanya membutuhkan waktu 2 jam hingga hotel.

Menyandang nama syariah sehingga konsep nya tentu disesuaikan, begitu menginjak lobby lantunan ayat al-quran menyapa disertai ucapan “assalammualaikum” ramah dari resepsionis yang mengenakan jilbab.

Saya booking dua kamar bersebelahan, kamarnya standar dan cukup nyaman dan saya mendapat twin bed. Hanya sayangnya AC di kamar saya kurang kencang, saya pun segera menelpon resepsionis dan tak lama kemudian datang petugas untuk memperbaiki kerusakan teknis kecil.

Paginya anak-anak sudah tak sabar untuk segera berenang, karena hotel ini satu grup dengan Lor In maka kolam renangnya dijadikan satu sehingga kita harus menyebrang jalan dulu untuk ke kolam renang. Kolam renangnya besar dan ada kolam dewasa dan kolam anak dengan area yang asri dengan pepohonan sehingga tidak panas.

Puas berenang kami menuju ke restoran untuk “breakfast”, menu cukup bervariasi tapi sayangnya gak di-refill, selepas jam 08.30-an makanan sudah habis.Sayang sekali ya.

13726594_10154419827224623_6958119891091053262_n

Author:

maybe i'm late on falling love with travelling, but later is better than never, get ready for travelling with the baby moms