Posted in My Event

My Wedding Story – Preparation – MC & Hiburan

Hiburan & MC

Hiburan fungsinya untuk memeriahkan suasana, walau memang saat pesta pernikahan (kalau saya) jarang juga sih perhatiin soalnya udah keburu konsen ke makanan,hehe. Beda dengan MC, MC ini kalau menurut saya adalah pimpinannya pesta, jadi kalau MC-nya gak bisa menghidupkan suasana dan memimpin acara dengan baik (terutama karena pernikahan adat Jawa banyak prosesinya) maka pestanya akan sedikit berantakan.

MC – Bapak Agus Daryanto (Acara Siraman,Akad dan Upacara Panggih) & Ibu Rita (Resepsi Pernikahan)

Saya mendapatkan referensi mengenai Bapak Agus Daryanto ini dari mbak Citra (Le Sae Photography) dan Ibu Anna Pramono (Sanggar Harlina). Sebagai ilustrasi, pernikahan adat Jawa yang sesuai pakem itu harus menggunakan MC yang benar-benar seorang dalang manten, yaitu orang yang menguasai bahasa jawa halus kromo, mengerti segala seluk beluk budaya Jawa, mampu nembang jowo dan mampu “suluk”. Keseluruhan prosesi akan menggunakan bahasa Jawa, bahasa Indonesia nya hanya sedikit saja sebagai keterangan. Jadi suaranya selain harus merdu, juga harus tegas dan mampu berlakon layaknya seorang dalang.

Pak Agus ini yang juga seorang penyiar radio di RRI, merupakan juara dari kejuaraan MC adat Jawa se-Jakarta, jadi tidaj perlu diragukan lagi kapabilitasnya. Oh iya, mungkin yang kebetulan nonton acara respsi pernikahan Dude harlino – Alyssa Soebandono beberapa waktu yang lalu, Pak Agus merupakan sang MC acara tersebut. Dengan reputasinya yang bagus dapat dipastikan jadwalnya Pak Agus cukup padat, untungnya karena saya dibantu oleh Ibu Anna, maka saya berhasil booking pak Agus untuk 3 hari acara saya.

Pak Agus ini memang ternyata pengetahuannya akan adat Jawa sangat luas, terbukti saat beliau sowan ke rumah saya untuk menghadiri rapat keluarga, beliau lah yang banyak memberi penjelasan dan masukan kepada keluarga saya terkait resepsi. Orangnya juga tegas dan mampu mengkoordinasi semua jajaran staf yang ada terutama vendor photo&video.

Sayangnya saat acara resepsi, beliau mendadak “kehabisan suara” (mungkin karena 2 hari berturut-turut sudah menjadi MC di acara saya jadi terkena flu) sehingga akhirnya beliau mengirim rekannya yang juga seorang penyiar RRi yaitu Ibu Rita untuk mengantikan beliau. Penampilan Ibu Rita cukup bagus, namun belum mampu menyaingi Pak Agus terutama karena Ibu Rita tidak bisa “nembang dan suluk”, jadi jatuhnya seperti MC biasa. Untungnya “mbah”dari pihak kerabat dekat papa saya yang juga seorang MC & dalang manten dari Solo hadir di acara resepsi ini dan menjadi panitia, sehingga dalam waktu relatif singkat (kira-kira 2 jam sebelum acara) akhirnya diputuskan kolaborasi antara Ibu Rita sebagai MC dan “Mbah Dalang” sebagai “penembang dan suluk”.

Image
Bapak Agus Daryanto
Image
Ibu Rita

Hiburan #1 Acara Panggih di rumah – Karawitan dari Sanggar Redi Waluyo

Sanggar Redi Waluyo ini merupakan sanggar karawitan,tari-tarian ,wayang kulit jawa (adik saya juga belajar di sini) dan juga budaya jawa lainnya, dan karena papa saya sudah sering bekerjasama dengan mereka dan reputasinya pun bagus, makanya langsung diputuskan untuk memakai sanggar ini.

Selama di rumah, karawitan dengan lagu-lagu jawa dimulai sejak upacara panggih selesai (pukul 11.00) hingga pukul 18.00 sore. Yang senang sudah pasti orang tua plus saudara-saudara saya yang kebanyakan saudara sepuh dan berasaal dari jawa, haha.

Image
Acarakarawitan dari Sanggar Redi Waluyo

Hiburan #2 Acara resepsi – Tari Batara Kamajaya & Batari Kamaratih dari Sanggar Redi Waluyo

Setelah pengantin memasuki pelaminan para tamu akan disuguhi dengan tarian Batara Kamajaya & Batari Kamaratih yang kembali diperagakan oleh penari dari Sanggar Redi Waluyo. Kalau suka nonton TV local dan kebetulan ada iklan pilkita, ternyata mbak & mas yang tampil di acara saya ini yang menjadi model iklan tersebut, hehe.

Tarian ini saya yang memilih, karena saya gak mau tarian seperti biasa yaitu Rama-Shinta (nanti nasib saya jelek seperti Shinta yang dibuang Rama) atau Gatotkaca-Pergiwa (gatotkaca istrinya tiga), melainkan Batara Kamajaya & Batari Kamaratih yang merupakan perlambang keharmonisan dan kasih sayang langgeng antara suami istri.

Image

Hiburan #3 Acara resepsi – Karawitan dan pagelaran Wayang oleh Ki Cahyo Kuntadi

Tidak seperti pesta pernikahan lainnya ynag pernah saya hadiri, di mana hiburan respsi berupa organ tunggal dengan penyanyi, orang tua saya maunya hiburannya asli sinden yang bernyanyi diiringi lengkap dengan perangkat karawitan dan gamelan asli, bukan rekaman. Sinden-sinden dan kru karawitan merupakan kru dari Ki Cahyo Kuntadi yang akan menggelar pentas sesudah resepsi berakhir.

Berhubung pernikahan merupakan obsesi orang tua, makanya papa saya kekeh mau mengadakan pagelaran wayang semalam suntuk sehabis resepsi pernikahan (pukul 21.00), katanya sih selain karena dia fans berat wayang, nanti katanya gak adil masa saya gak ditanggepin wayang sementara acara sunatan adik-adik saya selalu ada wayangan (adik tertua saya dulu nanggep Ki Purbo Asmoro sementara adik yang muda nanggep Ki Anom Suroto), padahal saya sih gak papa, secara nanggep wayang butuh biaya yang gak sedikit (sayang duitnya, hehe) tapi berhubung maunya orang tua ya sudahlah.

Ki Cahyo Kuntadi ini merupakan dalang muda berbakat yang prestasinya malah bergaung di dunia internasional. Penampilannya menurut saudara-saudara dan tamu yang hadir, sangat bagsu dan menarik.

Image
Sinden-sinden
Image
Ki Cahyo Kuntadi dan orang tua saya

Cucuklampah # Mas Noto

Cucuklampah ini adalah orang yang memimpin barisan pengantin mulai dari masuk ruangan hingga ke pelaminan dalam adat jawa. Makanya cucuklampah ini harus pintar menari, cucuklampah saya ini hasil rekomendasi dari Pak Agus sang MC. Mas Noto memang gerakannya bagus & halus serta pandai memberi arahan.

Image
Cucuklampah mas noto

Author:

maybe i'm late on falling love with travelling, but later is better than never, get ready for travelling with the baby moms

2 thoughts on “My Wedding Story – Preparation – MC & Hiburan

Leave a Reply

