Posted in My Event

My Wedding Story – Preparation – Photo Pre Wedding

Untuk photo pre-wedding ini banyak banget pilihan vendor yang tersedia, tentunya pemilihan berdasarkan budget dan juga selera terhadap portfolio vendor yang bersangkutan. Lokasinya juga bisa indoor dan outdoor, dan pre-wedding outdoor tentunya lebih menarik karena banyaknya pilihan lokasi, tapi tentunya juga harus memperhatikan ada tidaknya charge lokasi karena beberapa tempat menetapkan charge pre-wedding.

  • Pre Wedding Outdoor – Sembilan (9) Photography by Fajar – Bogor

Awalnya saya cari banyak referensi photo on budget dari hasil googling di internet dan forum-forum wedding,maklum lah biaya pernikahan kan besar,maka sedapat mungkin pakailah prinsip ekonomi,pengeluaran sedikit tapi hasil sebesar-besarnya,hehe. Dapetlah satu nama yaitu Sembilan (9) Photography, saya suka liat portfolio-nya dan terutama editing-nya,rada sephia-sephia dan soft banget, selain itu banyak yang lokasinya gak umum (baca : bukan lokasi yang langsung bisa orang tau di mana itu) jadi gak terkesan pasaran. Akhirnya setelah surat-suratan via email dan minta price list (kebetulan on budget, yippie), saya memutuskan untuk memakai Sembilan untuk photo pre wedding outdoor.

Paket dari Sembilan tidak termasuk make up & hair do juga gaun/kostum, tapi Sembilan punya rekanan perias yaitu Nungky Make Up Artist yang selain merias juga bisa menyediakan gaun & kostum pemotretan pre wedding, tentunya biayanya di luar paket dari Sembilan. Untuk perias saya pakai dari Nungky tapi untuk gaunnya saya siapkan dari wardrobe sendiri karena saya males berat-beratan pakai wedding gown yang super berat untuk lokasi outdoor.

Untuk lokasi awalnya saya mau di pulau umang (bahkan udah booking segala) tapi berhubung umang itu jauh dan harus nginep, sama orang tua saya gak diberi izin (hiks,padahal udah ngarep banget pasir putih sama cottagenya yang kayak keong itu), setelah mempertimbangkan banyak lokasi sampe pusing, akhirnya ujung-ujungnya mentok di Bogor, domisilinya Sembilan Photography ini.

Hari H pemotretan saya berangkat pagi-pagi jam 7 dari jakarta karena janjian jam 8 di studio nya Sembilan, Sampai di sana sudah ditunggu sama mbak Nungky (yang gak saya sangka-sangka orangnya karena masih muda dan cakep banget,hehe), langsung di make up & hair do selama sejam-an. Selama pemotretan Mas Fajar ditemani oleh dua orang kru-nya, pemotretannya asik banget, santai dan gak kaku, udah gitu orang-orangnya pada lucu-lucu,cerewet dan doyan ngobrol jadinya gak terasa, padahal pemotretan seharian penuh lho, start jam 9.00 AM dan selesai jam 19.00 PM dan berganti-ganti sekitar 5 lokasi di kota hujan (tentunya tiap lokasi ganti baju dan mesti re touch make up, berasa dempul muka seharian penuh). Lokasinya sendiri kebanyakan somewhere on bogor,karena spot yang dipilih acak yang penting artistik & photogenic (bahkan banyak spot yang gak saya sangka-sangka sebelumnya), paling yang saya tahu hanya di hutan IPB Bogor dan kafe de koffie pot.

Hasilnya?saya puas, bagus dan sesuai harapan saya. Editingnya soft & natural dan diselesaikan dengan cepat dalam tempo waktu sebulan, karena suka dengan hasilnya akhirnya saya memakai lagi Sembilan photography untuk Photo Liputan resepsi Ngunduh Mantu di Tasikmalaya. Oh ya, yang buat seneng, walau jatah edit dan cetak photo cuma 20, tapi keseluruhan hasil photo asli (non edit) tetap diberikan kepada kita dalam bentuk soft copy.Terus untuk tripod yang kita pergunakan selama pernikahan (tripod untuk majang photo kanvas berbingkai) juga dipinjamkan secara cuma-cuma lho, walau kita harus balikin lagi ke kantornya sendiri.

Image
Hasil Photo # 1
Image
Hasil Photo #2
Image
Hasil Photo # 3

Sembilan (9) Photography 

https://www.facebook.com/sembilanphotography?fref=ts

  • Pre Wedding Indoor – Ricky L Photography – Jakarta

Tadinya sih saya gak mau buat pre wedding indoor, saya pikir cukuplah yang outdoor, tapiiii … akibat keseringan blusukan ke wedding expo akhirnya jadi latah, maklumlah di wedding expo vendor tuh pasti rata-rata memberikan harga promo, ngilerlah saya melihat penawaran dari vendor ini selain karena portfolionya yang bagus, timbullah obsesi saya untuk bergaun wedding ala princess karena saya pikir kapan lagi pakai wedding gown, secara pesta pernikahan saya temanya tradisional jawa.

Serunya paket di Ricky L ini sudah termasuk sewa kostum, make up dan hair do untuk bride and groom nya. Paket yang saya pilih ini ganti kostum sebanyak 3x. Sebelum pemotretan kita harus datang ke studio nya untuk pilih dan pengepasan gaun, wuih berasa dreams come true banget dikelilingi gaun-gaun ala princess beraneka rupa sampai lama banget saya pilah – pilihnya, untungnya stafnya ramah dan helpful banget. Pilihan gaunya banyak banget, mulai dari wedding gown,evening gown bahkan kostum seperti kimono,cheongsam atau kebaya. Studionya sendiri juga besar dengan peralatan lengkap.

Hari h pemotretan akhirnya tiba, setiba di sana saya langsung di make-up (hasil make upnya bagus karena ada team make up sendiri), oh iya untuk keperluan pemotretan biasanya kita disuruh bawa dua sepatu warna netral ,silver dan hitam. Ternyata kalau di studio, pemotretan gak hanya satu pasangan saja, melainkan ada sekitar 4-5 pasangan, jadi walaupun durasi pemotretan gak begitu lama (saya datang jam 08.00 dan kelar jam 14.00) tapi berasa lebih capek, mungkin karena banyak jeda waktu pemotretan, gaun yang beratnya luar biasa (saya gak sangka wedding gown itu beratnya ampun-ampunan, mana di dalamnya harus pakai crinoline/rangka pembentuk gaun yang ketat,sempit dan berat) dan juga efek lampu studio yang menyorot. Untungnya staf nya semua baik dan sabar, selain itu property dan background studio juga bagus dan beragam.

Hasil photo yang saya ambil juga 20 photo editan, tapi sayangnya kalau di sini file-file photo gak diberikan semua, hanya yang diedit dan dicetak yang dikasih,lainnya nggak (kalaupun mau bisa ditebus tapi harganya lumayan).

Image
Photo Indoor # 1 – Wedding Gown
Image
Photo Indoor # 2 – Evening Gown

Ricky – L Photo & Bridal 

http://www.ricky-l.com/

https://www.facebook.com/pages/Ricky-L-Photo-Bridal/213013442092077

 

Notes, tips & lesson learnt

  • Untuk bisa lebih menghemat biaya, kalau mau menggunakan photo prewedding indoor & outdoor bisa menggunakan satu vendor saja, karena biasanya promo yang diberikan akan lebih besar.
  • Rajin-rajinlah datang ke wedding expo untuk mendapatkan penawaran promo dan diskon.
  • Telitilah saat memilih paket, apakah sudah termasuk make up & hair do, cetak kanvas dan bingkainya, sewa kostum, berapa banyak file photo yang diberi, dan cetaknya, kalau belum berarti kita harus menyiapkan budget lagi. Untuk pemilihan lokasi juga pertimbangkan besarnya charge lokasi.

Author:

maybe i'm late on falling love with travelling, but later is better than never, get ready for travelling with the baby moms

7 thoughts on “My Wedding Story – Preparation – Photo Pre Wedding

  1. Hai hai…
    Foto prewed outdoornya keren…itu foto dmn aja yaa
    btw boleh minta contact number dan price listnya mba Nungky ga?? Selama foto outdoor dia stand by sama kita kan?? Thanks infonya ya🙂

    1. Hallo mbak,sorry slow respond,lokasinya di bogor,itu pindah2 4-5 lokasi,ada yg di hutan ipb,tamam kota,jalan dll,klo sama mbak nungky lgsg message di fb aja,iya dia stay seharian soalnya kan mesti retouch make up + hair do terus

  2. Kaka boleh tanya gak sya pgn fto tapi sndiri aja tp pke gaun bridal gitu di indoor berapa ya sma make up+hair do jg. Mksh secepatnya dibls ya

Leave a Reply

