Posted in My Event

My Gendis’ 1 st Birthday : Review Vendor Hoka-hoka Bento

1148970_10152176332153894_1245209478_nKali ini saya mau nge-review sekaligus sharing soal pengalaman merayakan ulang tahun pertama anak saya di salah satu restoran franchise jejepangan yaitu Hoka-hoka Bento. Ulang tahun pertama anak itu sebenarnya lebih ke obsesi emaknya secara anaknya juga belom ngerti apa-apa, haha.

  • Persiapan 1# Survey Restoran

Pesta ulang tahun sebenarnya bisa diadakan di mana saja, bisa di rumah,sekolah atau di restoran mall, cuma untuk alasan kepraktisan saya memilih di restoran saja, jadi saya gak perlu repot beberes. Sebelumnya saya sudah survey beberapa resto franchise seperti KFC,McD,A&W dan juga Bakmi GM, sebenarnya untuk pilihan paket harganya kurang lebih sama termasuk fasilitas standar yang disediakan (undangan,topi ulang tahun,balon,dekorasi, dll) cuma bedanya di souvenir aja,macem-macem,umumnya sih berupa tumbler dan kotak makan (maklum souvenir anak-anak). Pilihan saya akhirnya jatuh ke hoka-hoka bento karena (1) menu untuk anak-anak lebih sehat (2) saya tertarik melihat souvenir kotak makan nya, lucu (3) menu untuk orang dewasa/pendamping nya kelihatan lebih mengenyangkan. Oh iya, sekilas info, perbedaan signifikan antara mengadakan pesta di rumah dengan di restoran adalah kita harus menyediakan ekstra biaya karena memberikan paket makan ke pendamping (orang dewasa), gak mau dibilang pelit kan, masa udah juah-jauh dateng pendampingnya gak dikasih makan.

Untuk pilihan jam ada 3, jam 11.00 ,jam 13.00 dan jam 16.00, dengan durasi pesta 90 menit, saya pilih jam 16.00 karena merupakan jam terakhir jadi kalau acaranya molor gak terlalu khawatir maklum lah pesta anak-anak.

Untuk paket birthday party di HokBen minimal pemesanan harus 20 undangan, harga bervariasi tergantung menu makanan yang dipilih, harga paket sudah termasuk fasilitas pesta yaitu MC,Dekorasi,Sound System,Undangan, Souvenir untuk undangan,Balon, Hadiah games dan Bingkisan untuk yang berulang tahun.

Untuk pilihan makanan anak, saya pilih menu ureshi dengan pertimbangan kesukaan dan porsi makan anak, satu paket menu ureshi ini terdiri dari nasi,2 pc egg chicken roll, 2pc shrimp roll dan salad. Untuk menu anak karena sudah termasuk paket makanya hitung dengan pasti jumlah undangan dan lebihkan sedikit, karena pemesanan menu anak ini tidak bisa dadakan dan harus sudah dibayarkan lunas sebelum hari-H pesta.

Untuk menu pendamping saya pilih menu ekonomis yaitu value set yang menunya kurang lebih sama dengan ureshi yaitu nasi,2 pc egg chicken roll, 2pc shrimp roll dan salad, cuma bedanya termasuk ocha. Untuk pendamping ini akan diberikan kupon makan yang bisa ditukarkan ke counter, nanti perhitungan biayanya kalau pesta sudah selesai tergantung berapa banyak kupon yang ditukarkan ke kasir counter, jadi jangan takut kekurangan atau kelebihan karena bisa dadakan, untuk amannya minta kupon lebih saja.

Menu Ureshi/Value Set
Menu Ureshi/Value Set
Undangan
Undangan
  • Persiapan 2# Goodie Bag

Goodie bag ini saya buat sendiri, selain karena pertimbangan harga (kalau pesan malah mahal) isinya juga bisa disesuaikan dengan keinginan saya. Berdasarkan pengetahuan saya akan kesukaan anak-anak, maka isi goodie bag nya berkisar antara snack seperti chiki,susu UHT,jus buah,wafer,coklat,permen dll. Seru banget waktu milih-milih isi goodie bag di supermarket. Untuk mengurangi keribetan di hari H, souvenir dari paket HokBen sudah saya ambil sebelum hari-H (bisa diambil dengan syarat pembayaran untuk paket anak-anak sudah lunas) sehingga bisa dikemas menjadi satu dengan snack dalam paket goodie bag.

The goodie bag, isinya penuh snack
The goodie bag, isinya penuh snack
  • Persiapan 3# Birthday Cake

Untuk birthday cake, HokBen ini mempunyai rekanan vendor yaitu Domino Cake, kalau kita mau pakai cake bukan dari rekanan tetap diperbolehkan, cuma cake nya gak boleh dimakan di restoran, cuma boleh dipotong sebagai simbolis saat pesta. Berhubung keluarga saya dari dulu punya tradisi bagi-bagi kue ultah dan juga gak suka makanan manis, makanya saya akhirnya pakai kue dari Donino Cake ini. Domino Cake ini juga merupakan vendor terkenal sih,kuenya enak, banyak pilihan rasa,banyak pilihan dekorasinya dan harganya standar, gak terlalu mahal juga. Karena perempuan, makanya saya pilih kue dengan dekorasi “disney princess” dengan rasa tiramisu.

Birthday Cake dari Domini, tema Disney Princess
Birthday Cake dari Domini, tema Disney Princess
  • Hari H # The Birthday Party

Akhirnya Hari-H tiba juga, jam 16.00 gendis dan crew (maksudnya keluarga) sudah siap di resto dan berhubung nunggu tamu-tamunya lengkap, acara baru dimulai pukul 16.30. Acaranya diadakan di ruangan khusus untuk pesta, sebenarnya kapasitasnya lumayan harusnya cukup buat 30 undangan, tapi berhubung setiap anak rata-rata disertai 2 pendamping, akhirnya ruangannya jadi terasa sumpek banget karena kepenuhan orang dewasanya.

Dekorasi dari HokBen cukup meriah dengan mayoritas warna merah dan balon-balon bertebaran. Untuk para tamu undangan saya wajibkan ber dress code “merah ceria” supaya kompak.Sementara si bintang pestanya yang berulang tahun saya pakaikan baju pink yang girly banget.

Dekorasi Pesta dari Hokben
Dekorasi Pesta dari Hokben
Tamu-tamu dengan dress code merah
Tamu-tamu dengan dress code merah

Acaranya berjalan dengan lancar, dipimpin oleh 2 orang MC dari HokBen yang menurut saya cukup bagus dan mampu berinteraksi dengan anak-anak. Acara diisi dengan games dan anak-anak terlihat happy dan antusias serta aktif mengikuti gamesyang diadakan, untuk setiap pemenang games juga disediakan hadiah dari HokBen (yah walau hadiahnya standar misalnya mainan yang jadi bonus kidzu bento itu lho, tapi anak-anak tetep seneng).

Sang MC memandu acara
Sang MC memandu acara

Yang lucunya ujung-ujungnya pendamping juga disuruh ikutan games, namanya juga ibu-ibu pada malu-malu deh ikutan games.

ibu-ibu nya malu-malu mau ikutan nge-games
ibu-ibu nya malu-malu mau ikutan nge-games

Acara ditutup dengan pemotongan kue.tiup lilin dan pembacaan doa untuk gendis yang berulang tahun. Saat akan pulang anak-anak akan diarahkan oleh MC untuk memberi selamat ke gendis, nah saat memberikan selamat itu kita bisa sambil menyerahkan goodie bag dan paket makanan serta balon untuk anak-anak dan juga kupon makanan untuk pendamping.

Gendis lagi potong kue
Gendis lagi potong kue

Saya merasa cukup puas dengan vendor HokBen ini, cuma sayangnya saat berusia setahun itu sebenarnya gendis belum mengerti apa-apa, dan bahkan malah nangis karena takut denger sound system, haha.

 

 

 

 

Author:

maybe i'm late on falling love with travelling, but later is better than never, get ready for travelling with the baby moms

One thought on “My Gendis’ 1 st Birthday : Review Vendor Hoka-hoka Bento

  1. malam bunda gendis..mau tanya dong,ini do outlet hokben mana ya? kalo boleh tahu total budget yg dikeluarkan ultah gendis berkisar brp semuanya (dri paket ultah sampe souvenir,cake,dll)..soalnya anakku rencananya mau ultah bulan depan..lagi survey2 jg..makasih ya bun infonya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s