Posted in My Event

My Wedding Story – Preparation – Penjahit & Supplier Bahan

Nah sekarang saya sedikit mau sharing pengalaman tentang berburu bahan kain-kebaya dan juga penjahit. Sebagai peristiwa yang memorable, kadang pastinya kita pingin menyimpan kebaya/gaun pengantin yang dipakai saat pernikahan, walaupun terkadang sayang buang duit, secara pastinya kita pinginnya kebaya itu yang bagus dan pastinya “ada rupa ada harga”, tapi tetep pinginnya menyimpan kenang-kenangan tersebut. Dan selain itu, pastinya tetep harus berburu bahan kain – kebaya untuk seragam keluarga kan?,makanya budget yang dibutuhkan tentu tidak sedikit, tinggal pintar-pintar menyiasati dan rajin mencari info di mana bisa beli bahan dengan harga murah dan kualitas yang bagus. Berikut pertama saya sharing dulu lokasi berburu bahan kain-kebaya.

Lokasi Beli Kain-Kebaya

1. Beteng Trade Center – Solo

Beteng Trade Center - Solo
Beteng Trade Center – Solo

Beteng Trade Center merupakan mangga dua-nya Solo, di sini banyak banget dijual beraneka ragam bahan batik,kain kebaya, atau bahan lainnya dengan harga yang lebih murah daripada yang saya temui di Jakarta, even di Tanah Abang. Lokasi Beteng ini juga mudah sekali ditemukan, dekat dengan Pasar Klewer dan Keraton Solo. Di Beteng ini selain bahannya lebih berkualitas (lebih bagus dalam hal corak,motif,payet,hiasan,warna dll) harganya jauh lebih murah, makanya saya reccomended banget untuk belanja di sini apalagi kalau kamu tinggal atau singgah di Solo. Selain itu, di Beteng ini, penjual bahan juga menerima jahitan dengan harga yang murah dan terjangkau, sebagai contoh untuk seragam batik pria, semuanya saya jahitkan di sini, 1 pcs baju batik pria lengan panjang cuma kena 40.000/baju, untungnya kebetulan keluarga besar Ayah saya bermukim di Solo, jadi urusan pengiriman barang setelah jadi dibantu oleh keluarga.

List Belanja nya :

  • Kebaya pengantin wanita : merah marun – acara adat setelah resepsi (foto kainnya ada di posting selanjutnya tentang penjahit)
  • Ibu-ibu dari pihak keluarga pengantin wanita : kain kebaya bernuansa merah marun – acara resepsi, tentunya kebaya wanita saya serahkan ke masing-masing pihak untuk dijahit sendiri, bisa tekor kalau budgetnya dari saya semua,hehe.
Kebaya Ibu-ibu Pihak Pengantin Wanita
Kebaya Ibu-ibu Pihak Pengantin Wanita
Zoom Kebaya Salah Satu Bude
Zoom Kebaya Salah Satu Bude
  • Bapak-bapak dari pihak keluarga pengantin wanita :  kain batik yang bernuansa merah marun – acara akad
Seragam batik bapak-bapak untuk keluarga - kiri (acara akad)
Seragam batik bapak-bapak untuk keluarga – acara akad (kiri)
  • Orang tua (ibu) : hijau untuk acara adat siraman, merah marun untuk akad dan kuning nuansa emas untuk resepsi (foto kainnya ada di posting selanjutnya tentang penjahit)
  • Seragam bapak-bapak panitia (non keluarga dekat) : batik keemasan – acara resepsi
Seragam panitia pria berupa kemeja batik  keemasan saat resepsi (kanan)
Seragam panitia pria berupa kemeja batik keemasan saat resepsi (kanan)
  • Seragam batik adik laki-laki kandung – acara akad
Seragam batik saudara kandung - acara siraman
Seragam batik saudara kandung – acara siraman

Beteng Trade Center – Jalan Mayor Sunaryo Solo/Gladak, Solo

2. Pasar Tanah Abang – Jakarta

Nah pasar tanah abang ini merupakan pusat grosir yang katanya termurah di Jakarta, saya ke sini untuk cari bahan kain-kebaya-batik untuk Pihak Keluarga pengantin pria dan untuk seragam penerima tamu dan panitia. Ternyata harga di sini lebih mahal, sebagai contohnya bahan yang saya beli bisa selisih 50 ribu/m’ padahal bahan kebaya yang saya beli di sini tidak sebagus yang saya beli di Beteng-Solo, jadi nyesel kenapa dulu gak beli sekalian.Untuk membedakan antara Pihak Keluarga Pengantin Pria dan pengantin Wanita, kali ini saya memilih warna hijau untuk keluarga Pengantin pria. List Belanja nya :

  • Ibu-ibu dari pihak keluarga pengantin pria : kain kebaya bernuansa hijau muda – acara resepsi
  • Bapak-bapak dari pihak keluarga pengantin pria : kain batik bernuansa hijau tua – acara resepsi
Seragam Bapak & Ibu dari Pihak Keluarga Pengantin Pria
Seragam Bapak & Ibu dari Pihak Keluarga Pengantin Pria
  • Seragam ibu-ibu panitia (non keluarga) : kain kebaya kuning emas  – acara resepsi
  • Seragam penjaga buku tamu : kain kebaya marun-emas
Seragam Ibu-ibu Panitia (Gold) dan Penerima Buku Tamu (marun)
Seragam Ibu-ibu Panitia (Gold) dan Penerima Buku Tamu (marun)

3. Pusat Grosir Cililitan (PGC)

Saya terpaksa beli ke sini karena awalnya sebenarnya tidak ada rencana untuk membuat kebaya akad (tadinya niatnya mau nyewa aja) tapi setelah dipengaruhi sana-sini, akhirnya saya terpengaruh untuk membuat sendiri. Pilihan ke sini karena dekat dari rumah, secara males bange ke Tanah Abang cuma beli kain sepotong, males macet dan sumpeknya itu. Dan tentu saja harga lebih mahal dari yang ada di Tanah Abang, selisih 30 % – an (lagi-lagi jadi nyesel kenapa dulu gak beli sekalian di Solo). Di PGC ini penjual bahan juga menerima jahitan, tapi karena saya sudah ada butik yang dituju, saya gak nanya-nanya range harganya.

Di sini saya cuma beli kain kebaya untuk akad nikah tentunya broken white dan akhirnya sekalian beli kain kebaya hijau muda untuk acara resepsi ngunduh mantu di Tasikmalaya nanti.

Notes,Tips & Lesson Learnt

  • Better, sebelum memutuskan untuk membeli, kita sudah merinci dengan sangat rinci kebutuhan kain-kebaya, baik dari jumlahnya,warnanya sampai kebutuhannya, jangan seperti saya jadi harus bolak-balik beli, tentunya dengan risiko harga yang tidak sama. Karena kebutuhan kain kebaya ini banyak jadi kalau gak teliti malah bisa jadi over budget.
  • Sering-sering googling atau tanya-tanya orang lokasi supplier kain yang murah tapi bagus, dari pengalaman saya tentunya saya sangat merekomendasikan Beteng di Solo karena harganya yang sangat murah.
  • Jangan lupa untuk menentukan tema ‘warna” pesta sebelum membeli kain kebaya agar penampilan kita dan keluarga saat pesta kelihatan apik,seragam dan mudah dikenali.
  • Sesuaikan juga warna kebaya dengan waktu pesta, apakah siang atau malam, kalau siang bisa pilih warna-warna muda sedangkan kalau malam semakin menyolok warnanya akan semakin bagus.

Setelah membahas tentang supplier bahan, sekarang saya mau sharing tentang penjahit kebaya, tentunya penjahit yang dibahas di sini hanya penjahit untuk kebutuhan saya,ibu-ibu saya dan para “gadis-gadis” penerima tamu, sementara untuk ibu-ibu (keluarga dan panitia) saya hanya serahkan bahan ke masing-masing Pihak untuk kemudian dijahit sendiri.

1. Kebaya Pengantin – Mode Boutique – Pasar Sunan Giri,Rawamangun – Kebaya Midodareni,Akad & Resepsi

Tau sendiri kan kalau biaya jahit menjahit itu mahal, yang biasa aja zaman sekarang udah bisa kena minimal 300-400 K /stel, apalagi untuk kebaya pernikahan kita kan maunya yang “wah” dan “luar biasa” lengkap dengan model kebaya modern,full payet,pake crinoline pokoknya seperti yang ada di majalah-majalah deh. Kalau mau jahit di butik yang sudah punya nama, bagus sih bagus tapi harganya itu lho, minimal di atas 10 juta/stel, over budget euyy. Akhirnya googling sono sini dan tentunya nanya-nanya di milis, banyak yang merekomendasikan Pasar Sunan Giri di Rawamangun, katanya sih banyak butik murah berkualitas. Alkisah berangkatlah saya ke sana, begitu sampai memang tampilan Pasar Sunan Giri seperti pasar PD Jaya pada umumnya (ruko bertingkat gitu) tapi lebih bersih dan bener aja di dalam banyak butik-butik kebaya yang menampilkan display kebaya unyu-unyu di manekin yang dipajang. Butiknya pun rata-rata ber-AC, pelayannya juga profesional dan berseragam. Pilihan saya jatuh ke suatu butik bernama Mode Boutique ,yang sudah banyak direkomendasikan di milis, di sana kita akan langsung disambut oleh pelayan yang ramah dan profesional. Untuk modelnya kita bisa memilih dari majalah-majalah kebaya yang banyak disediakan di sana, sampai bingung soalnya bagus-bagus, tambah yakinlah saya akan kualitasnya saat melihat kebaya yang sudah jadi yang dipajang di dalam toko. Soalnya banyak kan penjahit abal-abal yang menjanjikan bisa menjahit kebaya sesuai model di majalah, eh begitu jadi hasilnya biasa saja, tau sendiri model kebaya sekarang kan macem-macem,bordir dan payet bisa njelimet,makanya kalau penjahitnya gak ahli gak bakalan bagus hasilnya.

Di sini saya menjahit 4 stel kebaya, untuk acara midodareni,acara akad,acara adat dan juga untuk resepsi ngunduh mantu di Tasikmalaya nanti. Tentunya saya tidak menjahit kebaya untuk resepsi pernikahan karena saya memutuskan untuk memakai kain dodot solo (jarang ada yang mau nyimpen koleksi dodot, secara harga kainnya aja bisa puluhan juta).

Harganya memang agak mahal,tapi tetap terjangkau apalagi setara dengan kualitas yang dijanjikan. Waktu yang dibutuhkan juga gak terlalu lama, bervariasi mulai dari 3 minggu – 1 1/2 bulan tergantung kerumitan kebaya yang dipesan. Dan begitu kebaya jadi, rasanya puas banget, hasilnya bener-bener bagus,pas di badan, sesuai model di majalah,pokoknya membanggakan deh.Makanya saya reccomended banget untuk jahitin kebaya di sini.

Kebaya midodareni (kain diberi calon suami saat pertunangan)
Kebaya midodareni (kain diberi calon suami saat pertunangan)
Kebaya Akad Nikah (broken white)
Kebaya Akad Nikah (broken white)
Kebaya marun, dipakai saat upacara adat setelah akad nikah
Kebaya marun, dipakai saat upacara adat setelah akad nikah
Kebaya Resepsi Ngunduh Mantu di Tasikmalaya
Kebaya Resepsi Ngunduh Mantu di Tasikmalaya

2. Happy Tailor – Mall Pondok Gede Ground Floor – Kebaya Ibu Pengantin

Sebenarnya saya pingin Ibu dan Mertua menjahitkan kebaya di Mode Boutique juga, tapi dasar Ibu saya males banget kalo pergi jauh-jauh (padahal udah dipaksa-paksa) dan katanya juga jaitan sama aja (dasar ibu-ibu, capek deeh), Ibu saya tetap menjatuhkan pilihan di penjahit langganannya sejak dulu yaitu Happy Tailor yang memang berlokasi dekat dari rumah. Happy Tailor ini memang jahitannya rapih,cuma kalau pingin menjahitkan kebaya dengan model-model spektakuler seperti di majalah, kayaknya gak sanggup deh (pengalaman saya menjahitkan kebaya dengan menunjuk model di majalah,hasilnya amburadul), tapi kalau untuk kebaya ibu-ibu yang lebih simple dan gak banyak detail (apalagi ibu dan mertua berjilbab) cukup okelah hasil jahitan di sini.

Kebaya Ibu Pengantin - Acara Siraman
Kebaya Ibu Pengantin – Acara Siraman
Kebaya Ibu Pengantin - Acara Akad + Adat
Kebaya Ibu Pengantin – Acara Akad + Adat
Kebaya Ibu Pengantin - Acara Resepsi
Kebaya Ibu Pengantin – Acara Resepsi

3. Enny Tailor – Jalan Pekayon Jaya,Bekasi – Seragam Penerima Tamu

Kalau Penjahit ini adalah hasil rekomendasi teman cantik saya,Ayu, yang pengalamannya menjahit kebaya sudah kemana-mana. Waktu itu saya cari penjahit yang bisa menjahitkan kebaya model gaun brokat karena penerima tamu itu kan semuanya “gadis-gadis muda aka abg” , kalau saya kasih kebaya ntar pasti jarang dipake, kalau gaun kan lebih simple,gak sumpek dan bisa dipakai kondangan lagi. Tentunya saya (lagi-lagi) maunya yang bisa terima harga murah dan kebetulan saya melihat gaun brokat nya si Ayu di suatu pesta dan untungnya lagi Penjahitnya itu masih saudaranya, jadi bisa dikasih harga murah,hehehe.

Gaun brukat marun - gold
Gaun brukat marun – gold

Notes,Tips & Lesson Learnt

  • Kalau ingin on budget membuat kebaya,rajin-rajin googling,baca milis atau tanya-tanya temen di mana penjahit yang murah dan berkualitas.
  • Better memang membuat daripada beli kebaya jadi,karena kebaya jadi biasanya jatuhnya di badan kurang pas.

Author:

maybe i'm late on falling love with travelling, but later is better than never, get ready for travelling with the baby moms

23 thoughts on “My Wedding Story – Preparation – Penjahit & Supplier Bahan

    1. Hallo mbak🙂, untuk harga bervariasi,tergantung model,kerumitan payet,hiasan,panjang pendek dll,klo yg seperti punya saya misalnya (ini harga tahun 2012 ya) kebaya akad (broken white) kena 850 rb,kainnya 200 rb,karena modelnya gak gitu rumit dan gak banyak payet,sementara yg merah marun (acara adat) ini yg plg rumit dan panjang,kena 3,5 jt,kainnya 1-an,oh iya harga ini cuma ongkos jahit ya,bahan dari kita sendiri, untuk pastinya lgsg dateng ke mode aja mbak,walau cuma tanya2 dulu jg gapapa,mbak2nya di sana baik2 kok

      1. Waah… Cepet banget balesnya.🙂
        Sayang sekali, harganya udah mesti gak masuk budget aku. Hoho.
        Oiya, aku tau ni Mbak kan nginfonya yang di Beteng Solo, tapi kalo sekitaran Yogya tau gak ya, Mbak? Aku keluarga adanya di Yogya. <– maaf, gak modal banget pertanyaannya, tapi aku udah cari-cari sana sini emang gak nemu info ini.
        Oiya (lagi), saudara kandung waktu itu pake batik motif apa ya? Rencana ortu pake Truntum Kuncoro, tapi gak ngerti kalo saudara kandung mestinya apa.

      2. Mungkin klo modelnya lebih sederhana bisa on budget lho mbak,di sini termasuk yg harganya gak begitu mahal (hasil survey saya) dgn hasil memuaskan,he3,yg lainnya bisa lebih gila lagi harganya,klo utk di yogya saya jg kurang tau,mungkin di beringharjo yg sentra batik mbak,utk saudara kandung (berhubung saya sulung dan adik saya laki2 semua) utk acara mereka pakai beskap,cuma saat siraman pakai batiknya,itu jg gak tau motif apa,cuma nyari yg bagus aja,he3

  1. Hello mbak, saya mau tanya mbak. Di btc solo apa pilihan warnaya banyak, misal warna biru emas silver apakah ada beberapa jenis warna tersebut? Dalam segi pilihan warna, model bung atau motif. Terima kasih🙂

  2. Alhamdulillah, ada pencerahan, jadi akan merubah rencana yg awalnya mau beli di tanah abang untuk seragam.
    Lumayan kalau di solo ada yg recomended, bisa irit ongkos kirim dan milihnya ma ortu lengkap.
    Makasih ya mbak Eretnodewati, tulisannya memberikan manfaat.🙂

  3. Hai semuanya salam kenal yah.. saya Mevy.. saya menikah pertengahan tahun 2014 ini.. selama 1 bulan keliling akhirnya pilihan bahan kebaya jatuh di toko Ganesha di pasar baru yah harganya standard dari 500 ribu sampai jutaan rupiah dan untuk jahit saya di PGC di mode boutique.. Yang pilihin di sana tante saya.. Shock banged juga karena harga jahit ajah 2.4 juta tp memang saya minta hasilnya yang baik dan bagus dengan tambahan buntutnya 1 meter.. Untuk songketnya saya beli di Pasar Senen sekalian jahit seharga 2.2 juta..
    Mudah2an bisa buat referensi yah buat teman2😀

  4. Nama tmpt nya sama ya mode boutiqe , jgn2 ni cbgnya ya.. Mbak eretno tulisannya bgs skli buat pencerahan yg mau merid hehe

  5. mba salam kenal yah. aku mau tanya yg di beteng solo itu hanya jual bahan kebaya apa bahan baju sehari2 jg ada? Soalnya saya pgn buka usaha pakaian tp desain sendiri. Lg nyari bahan murah seperti sifon, hycon, polyester, katun, dll mba. terimakasih🙂

  6. Lokasi solo kalau mau jahit sekalian dimana ya?.karna waktu mepet pengen yg simple dan cepet 20hr bs nggak ya?,
    Minta contac person nya dunk..

  7. Salam kenal mbak eretnodewati , mbk sy mau tnya, itu kebaya yg warna merah mbk kan jahit sendiri
    Tp klo yg buat cwo nya tu jahit disitu juga atau sewa? Oiyah tulisannya bener2 bermanfaat bngt ,, apa lg aq yg lg cari2 kain

  8. ketemu blog nya mbk retno, salam kenal. saya orang solo juga. BTC lengkap beut. mau beli kain apa aja ada. harga ya begitulah. ada yang ngotot nggak mau di tawar tapi ada juga yang bisa turunlah dikit2. mau sekalian acasoris kaya kancing, rit, renda dll jg ada, tapi jaln dulu agak ke barat. tepatnya pasar klewer ke barat trus nemu perempata belok kiri deh.
    mau tanya2 soal solo bisa banget.
    salam kenal semuanya…

Leave a Reply

