Posted in Tasikmalaya, West Java

Batik Tasikmalaya

Berbicara soal Batik, pasti pikiran langsung melayang ke Jawa Tengah dengan Pekalongan dan Solo sebagai sentranya, kalau untuk Jawa Barat pasti langsung kebayang batik megamendung khas Cirebon, ternyata daerah Parahyangan terutama di Tasikmalaya yang memang terkenal dengan kerajinannya juga punya batik khas-nya sendiri.

Sentra Batik Tasikmalaya sendiri berpusat di kecamatan Cipedes, tidak jauh dari pusat kota Tasikmalaya, di sana banyak terdapat toko-toko yang menjual batik tasikmalaya. Dari hasil googling, saya menemukan “galeri batik tasik Deden” yang paling sering disebut-sebut, usaha Batik Deden sudah ada sejak tahun 1950-an, menjadikan Deden salah satu produsen batik terbesar di daerah tersebut. Maka di suatu hari saat pulang ke kampung suami, meluncurlah saya ke galeri tersebut, dan entah kenapa orang lokal memang terkadang malah “gagap pariwisata” yang saya artikan orang lokal malah gak begitu tau mengenai potensi daerahnya, suami saya yang notabene orang tasikmalaya dari lahir malah nggak tau ada batik ini, hadeuh, thanks to gps dan google. Selain batik Deden, juga banyak toko lain yang tidak kalah besar dan dengan koleksi yang beraneka rupa pula di sepanjang jalan cigereung kec cipedes ini, misalnya batik Tasik Rizki yang tepat berada di sebelahnya.

Galeri Batik Deden Tasikmalaya
Galeri Batik Deden Tasikmalaya

Memang sih batik tasikmalaya belum seterkenal batik solo/pekalongan, karena industrinya sendiri memang belum lama tumbuh, tapi batik tasik memiliki keunikan tersendiri. Warna-warna menyolok memang menjadi khas batik Tasikmalaya terutama warna merah, biru, dan hijau.  Batik Tasik yang termasuk bagian dari batik Priangan ini, secara keseluruhan menampakan warna-warna dan motif yang memperlihatkan semangat kesederhanaan, apa adanya, terbuka dan komunikatif serta pluralis dengan kesan cantik-imut, bahkan sedikit genit yang selaras dengan citra umum orang sunda. Perbedaan Batik Tasik ini dengan batik lainnya terutama dengan batik keraton adalah motif dan corak batik Tasikmalaya dibuat tidak melihat dan berdasarkan status sosial calon pemakainya, hal ini selaras dengan sistem sosial masyarakat di Tasikmalaya yang menekankan pentingnya kesetaraan dan kesamaan. Jadi. Batik Tasik ini lebih luwes dan bisa dibilang modern, sebab tidak ada pakem yang terlalu mengikat. Beda dengan motif batik di daerah kasunanan/kekeratonan hadiningrat seperti yogya dan solo yang memang tidak boleh sembarang pakai, ada yang khusus untuk keluarga raja dan tidak boleh dipakai rakyat jelata seperti saya.

Cerahnya Batik Tasikmalaya
Cerahnya Batik Tasikmalaya

Saya tertarik ke galeri batik Deden karena katanya di galeri ini kita bisa melihat tempat pembuatan batik. Kita bisa melihat langsung proses pembuatannya dan juga belajar singkat cara membatik. Namun sayangnya saat saya berkunjung ke sana, galerinya sedang tutup karena karyawannya sedang liburan bersama. Akhirnya daripada pulang (secara udah jauh-jauh ke sana), saya memutuskan berkunjung ke Galeri Batik Rizki yang berada di sebelahnya.

Galeri Batik Rizky juga sama besar dan menyimpan banyak koleksi batik yang beraneka warna ,kita bisa membeli kain batik maupun busana jadi. Kain batik tulis tentu lebih mahal daripada batik cap,beragam busana bisa dibeli seperti dress untuk wanita sampai kemeja untuk pria, bahkan baju anak-anak juga banyak macamnya. Harganya bervariasi, tapi masih tetap terjangkau. Saya sendiri akhirnya tergoda untuk membeli kain batik cerah berwarna merah untuk jadi seragam keluarga saat kondangan. Yang unik adalah saat memasuki galeri, kita harus melepas sandal, dan pramuniaga akan melayani kita sambil duduk lesehan di atas tikar, jadi kita tinggal tunjuk mau yang mana, nanti pramuniaga yang akan mengambilkan, jadi betah deh berlama-lama di sini.

Deden Batik

http://dedenbatik.com

Jl.Cigeureung No.80 Kel.Nagarasari Kec. Cipedes
Kota Tasikmalaya.46132
Tel/Fax.(0265) 2353153-7085591
Hp.081323011888-085223527778
email : deden@dedenbatik.com

Rizky Batik

http://rizkibatiktasik.blogspot.com/

Jl.Cigeureung No.82 Kel.Nagarasari Kec. Cipedes
Kota Tasikmalaya.46132

Tel/Fax.(0265) 311657

Author:

maybe i'm late on falling love with travelling, but later is better than never, get ready for travelling with the baby moms

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s