Posted in Singapore

Day 9 Ngeceng Di USS

Lagi-lagi karena terinspirasi peta wisata gratis yang disediakan di hotel, termasuk baca banyak hal yangmenarik dari internet, maka hari ini agendanya adalah singapore heritage walking tour, yupz lagi – lagi membuktikan kekuatan betis, hahaha. Sebagai tambahan paginya kita akan megunjungi siloso beach sekalian numpang ngeceng di depan Universal Studios Singapore.

Heritage Walking Tours Session 1 : Indihe at Little India

Little India berada di sebelah timur dari Singapore River,berbatasan dengan china town di barat dan dengan kawasan kampong glam arab di selatan. Little India awalnya tidak diperuntukkan bagi komunitas India dalam rencana tata kota Raffles, dan baru dihuni etnis India ketika Chinatown sudah terlalu padat. Little India merupakan salah satu kawasan budaya penting di Singapura, dan menjadi bukti berbagai perdagangan dan industri etnis India di sini.

Starts here
Starts here

Heritage walking tour di Little India saya bermula dari Mustafa Center yang terletak di Syed Alwi Rd.  Saya terus berjalan lurus hingga mencapai Serangoon Road.Serangoon Road adalah satu-satunya jalan yang melintasi seluruh pulau ini. Jalan ini mendapat namanya dari burung rawa hitam dan putih yang disebut “Burong Ranggong” dalam bahasa Melayu.Serangoon Road merupakan pusat komersial utama di daerah Little India, di sekelilingnya banyak terdapat bangunan warna – warni yang merupakan deretan pertokoan, sesekali tercium aroma rempah-rempah, wewangian dupa serta masakan ala india dan juga tentunya lagu india dan orang india di mana-mana.

Little India Arcade
Little India Arcade
Deretan pertokoan di Serangoon Road
Deretan pertokoan di Serangoon Road

Berjalan terus menyusuri Serangoon Road, saya menemukan kuil Sri Veeramakaliamman Temple, kuil ini dibangun pada tahun 1855. Didedikasikan untuk Dewi Kali, sang Dewi Kekuatan, namanya berarti “Ibu Kali yang Berani”, dan interior kuil ini menggambarkan berbagai adegan Dewi Kali yang memberikan hukuman berat. Kuil terkenal lain adalah Sri Srinivasa Perumal Temple, sebuah contoh klasik arsitektur kuil India Selatan, ditandai dengan menaranya yang berbentuk seperti piramida.

Sri Veerakaliamman Temple
Sri Veerakaliamman Temple
Tekka Center
Tekka Center

Di ujung jalan serangoon road saya bertemu dengan Tekka Center. Dinamakan dari rumpun bambu yang dikenal sebagai “Tekka” dalam bahasa Hokian, pasar ini merupakan salah satu landmark di Little India, di mana komunitas etnis yang berbeda datang untuk berbelanja. Anda akan heran melihat pemilik toko yang beretnis Tionghoa dapat berbicara Tamil dengan fasih, begitu pula sebaliknya. Tekka Market merupakan tempat yang bagus untuk belanja oleh-oleh pakaian tradisional India atau pakaian kasual yang murah. Di kawasan inilah akhirnya saya menemukan lokasi pasar basah nya Singapore, di mana ada pasar becek yang menjual sayur, ikan, daging dll, walau tetap lebih bersih dari di Indonesia. Untuk menuju ke Tekka center saya sempat melewati Buffalo road yang bersama dengan Kerbau Road merupakan kumpulan dari toko – toko emas. Emas adalah perhiasan simbolis bagi etnis India dan dianggap sebagai perwujudan Lakshmi, sang Dewi Kekayaan, maka tidak akan pernah dikenakan pada kaki atau jari kaki.

Dari Tekka center, kami menuju stasiun MRT Little India yang berada di basement pasar. Dari Little India kami menuju ke Harbour Front dan karena Little India dan harbour Front masih satu jalur sehingga kami tidak usah berganti MRT hingga ke tujuan.

Inside MRT Station
Inside MRT Station

Lunch dan Singgah Sebentar di Vivo City

Vivo City
Vivo City

Stasiun MRT Harbour Front terletak di basement Vivo City. Sebagai tempat tujuan belanja dan gaya hidup terbesar di Singapura, VivoCity adalah bagian yang mengagumkan dari banyaknya pilihan belanja di negara ini. Terletak di dekat perairan, berseberangan dengan Sentosa Island, mal ini dibangun dengan indahnya sebagai tempat tujuan perbelanjaan yang santai dan menyenangkan. Arsitek berkebangsaan Jepang, Toyo Ito, telah memanfaatkan sepenuhnya ruang terbuka yang luas untuk memastikan tempat ini penuh dengan energi, dan VivoCity juga tempat ditampilkannya serangkaian karya seni, serta memiliki taman bermain di udara terbuka bagi anak-anak dan amfiteater di bagian atap. Sementara kami belum mengeksplor Vivo Citydulu karena akan berkunjung ke Sentosa Island terlebih dahulu. Setelah lunch lebih awal (baru jam 10-an, hehehe) di food court nya, kami menuju lantai 3yang merupakan lokasi dari stasiun Sentosa Express.

Sentosa Express

Sentosa Express adalah jalur monorail yang menghubungan daratan Singapura dengan Sentosa Island. Tiketnya bisa dibeli di lantai 3 Vivo City dan berlaku untuk unlimited rides dan selama 24 jam. Jalur Sentosa Express melewati 4 stasiun yaitu Sentosa (di dalam Vivo City), Waterfront,  Imbiah dan Beach.

Sentosa Express
Sentosa Express

Sentosa Island

Sentosa island adalah pulau resor yang santai dengan pantai menawan, pertunjukan kelas dunia, olahraga laut, golf, dan tempat liburan, terletak hanya 15 menit dari pusat kota. Di Sentosa, ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Imbiah Lookout memiliki sesuatu untuk setiap orang. Untuk yang mencari ketegangan dapat naik Skyline Luge Sentosa, sementara pencinta alam dapat mengeksplorasi jalan setapak dan mengagumi Butterfly Park & Insect Kingdom atau mempelajari flora dan fauna lewat tur dengan pemandu di Sentosa Nature Discovery yang merupakan daya tarik terbesar kami. Penikmat kebudayaan dapat mencoba Images of Singapore. Jika suka berolahraga, Anda juga dapat menikmati pertandingan voli pantai di Siloso Beach, naik gulungan gelombang di Wave House Sentosa  dan menjelang malam, Anda dapat dibuat terpesona oleh Songs of the Sea, pengalaman multi-indra yang luar biasa. Kalau lapar ada lebih dari 50 restoran yang dapat dikunjungi oleh para pencinta kuliner, dari yang standar sampai yang berkelas sesuai selera.

Sentosa menambah pilihan bersenang-senang Anda dengan resor kelas dunia, Resort World Sentosa dengan Casino dan Universal Studios Singapore, pengalaman berbelanja dan makan malam yang luar biasa di Vivo City dan Harbourfront Centre, pusat hiburan multi konsep di St James Power Station dan jalur alami di Mt. Faber yang semuanya berada cukup dekat ke Sentosa.

Sentosa Map
Sentosa Map

For more info klik http://www.sentosa.com.sg

(Numpang Ngeceng di) Universal Studio Singapore

Universal Studio Singapore Gate
Universal Studio Singapore Gate

Perhentian pertama kamiadalah di stasiun waterfront yang terletak persis di depan Universal Studio Singapore (USS). Karena tahun lalu (november 2011) saya baru saja berkunjung ke sini dan memang gak ada waktu (penerbangan ke jakarta jam 21.00 malam nanti), makanya kami memang tidak merencanakan main ke ussini (walau suami saya ngences berat liat jet coaster double-nya yang super tinggi itu).

USS ini adalah sebuah theme park yang berlokasi di Resort World Sentosa, baru dibuka pada 28 may 2011, tapi langsung menjadi magnet tujuan wisata baru di Singapore. Merupakan universal studio kedua (setelah Jepang) yang dibangun di Asia. dan menempati lahan seluas 20 hektar. Terbagi menjadi 7 zona permainan sesuai dengan tema masing-masing yaitu Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancien Egypt, Lost World, Far-far Away dan Madagascar.

Pengalaman saya tahun lalu main ke sini memang awesome banget, permainan theme park nya dibuat berdasarkan tema film-film yang pernah dikeluarkan oleh Universal Studios. Walaupun atraksinya dengan tipe yang kurang lebih sama dengan yang ada di theme Park Indonesia (misalnya Dufan) tapi atraksinya dibuat lebih menarik dan lebih hebat. Menurut saya yang paling hebat adalah dekorasi dari theme park nya sendiri di mana kita bakalan berhenti terus di banyak titik karena merupakan spot photo yang bagus. Selain itu banyak acara berfoto bersama dengan tokoh-tokoh theme park atau bintang hollywood (KW lho), jadi bikin lebih menarik. Pengalaman saya waktu seharian tidaklah cukup untuk mengeksplore theme park ini karena antrian atraksi yang cukup panjang (padahal dulu saya datang bukan di peak season dan bukan weekend).

USS Logo
USS Logo

Enaknya logo universal studios yang berupa bola dunia berputar terletak di luar gerbang masuk dari USS, jadi kalau cuma mau nampang bahwa ke pernah ke USS (kayak saya nih, hahaha) tapi nggak masuk juga masih bisa. Selain itu di luar gerbang sendiri terdapat toko merchandise uss, jadi tanpa masuk pun kita bisa membeli merchandise uss. Di luar gerbang juga terdapat toko-toko permen dan cokelat (misalnya Hershey’s) yang mendekorasi area sekitar tokonya dengan sangat menarik, lumayan lah buat seru-seruan.

http://www.rwsentosa.com/Homepage/ThingsToDo/UniversalStudiosSingapore

Area Candy Shop
Area Candy Shop

Siloso Beach

Kami melanjutkan perjalanan kembali dengan Sentosa Express dan turun di Stasiun Beach karena tujuan selanjutnya adalah siloso beach. Siloso beach ini adalah area pantai berpasir di Sentosa Island di mana pengunjung bisa bermain air seperti pantai lainnya. Garis pantainya sendiri tidak terlalu panjang, dari stasiun Beach hingga ujung (yang ditandai dengan logo Siloso beach gede) paling hanya menghabiskan waktu 20-30 menit berjalan santai (itu juga karena berhenti-berhenti).

Siloso Beach
Siloso Beach

Sebagai warga negara Indonesia yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia dengan berbagai macam variasi pantai, begitu datang ke siloso beach ini yang terlintas dalam kepala saya adalah kesian banget orang singapore punya pantai cuma kayak gini. Siloso beachwalau berpasir putih tapi bener-bener biasa banget, ombaknya gak ada jadi boro-boro bisa main air, sama ancol aja masih lebih bagus ancol. Tapi hebatnya singapore sesuai yang saya bilang di awal, mampu menyulap yang biasa aja jadi bagus, siloso beach ini bersih banget dan juga gratis, untuk mempercantik penampilan di sepanjang pantai dibangun anjungan dan banyak tugu/logo (tentu yang paling terkenal adalah tulisan siloso beach nya). Fasilitas yang ada pun sangatlah kondusif, jalan di samping pantai bebas kendaraan (hanya free shuttle bus saja yang melintas), ada fasilitas free shuttle bus antar jemput dari stasiun ke beach, cafe-cafe, taman-taman yang indah dan lain-lain. Kapan ya indonesiaku bisa begini? hiks.

 

Anjungan di Siloso Beach
Anjungan di Siloso Beach
Siloso Logo
Siloso Logo

Imbiah Lookout

Setelah menaiki free shuttle bus hingga stasiun beach, kami berjalan kaki ke imbiah lookut karena jaraknya yang cukup dekat. Imbiah ini merupakan lokasi lainnya di Sentosa Island yang menawarkan 11 atraksi, ada yang nature seperti butterfly & insect kingdom, ada juga yang adventure eperti 4Dadventure atau yang history seperti images of singapore. DI Imbiah ini juga terdapat atraksi patung merlion yang sangat besar, bahkan jauh lebih besar dari yang ada di merlion park, di mana kita bisa masuk ke dalamnya dan mendaki hingga ke puncak. Untuk yang tidak terlalu tertarik mencoba atraksi seperti kami, berjalan-jalan di area imbiah lookout juga sangat menarik, taman-tamannya ditata dengan sangat indah dan ada pula air terjun buatan, di sepanjang jalan juga terdapat banyak kolam ataupun patung-patung lucu dan juga area tempat duduk untuk beristirahat.

Di depan merlion Imbiah
Di depan merlion Imbiah
Imbiah Lookout
Imbiah Lookout

Back to Vivo City

Setelah mengarungi imbiah, kami pun kembali menaiki sentosa express untuk kembali ke vivo city. Karena stasiun sentosa express terletak di lt.3, maka sekalian kali ini kami mau melihat-lihat taman bermain di udara terbuka bagi anak-anak dan amfiteater di bagian atap.

Ternyata di bagian atapnya itu terdapat suatu kolam buatan yang didesain menyerupai pantai, lengkap dengan pasir putih segala, di sana banyak anak-anak yang bermain air. Selain itu terdapat pula amfiteater yang cukup luas dan saat kami ke sana waktu itu sedang dilaksanakan pertandingan dance jadi rame banget. Di atap juga terdapat beberapa restoran dan yang menarik adalah desain dari vivo city yang mengarah ke sentosa island (laut) dibuat seperti kapal-kapal.

Pantai buatan di Vivo City
Pantai buatan di Vivo City
Dek atap Vivo City
Dek atap Vivo City

Author:

maybe i'm late on falling love with travelling, but later is better than never, get ready for travelling with the baby moms

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s