Posted in Kuala Lumpur, Malaysia

Day 7 Kantoi ch 3 : Nyari oleh-oleh khas Malaysia

Central Market

Central Market
Central Market

Malamnya kita berkunjung ke Central Market untuk beli oleh-oleh khas Malaysia, pasar seni ini hanya berjarak 300 meter dari hotel. Tempat ini telah ada sejak tahun 1888 silam yang kala itu fungsinya sebagai pasar tradisional. Arsitekturnya memiliki nilai seni yang begitu tinggi sehingga tak heran lokus pasar ini kemudian dimasukkan sebagai Situs Warisan. Central Market ini sangat pas dikunjungi untuk yang memiliki jiwa seni tinggi dan ingin berburu berbagai barang kerajinan dan kesenian hasil kreasi dan daya cipta para seniman lokal Jiran Malaysia. Benda-benda seni yang bisa didapatkan disiniseperti batik, patung, lukisan, sarung dan berbagai benda antik lainnya. Kamu yang sangat menyukai benda-benda tersebut bisa menjadi tempat ini untuk berburu barang-barang antik yang belum tentu bisa ditemukan ditempat lainnya.

Selain dari gerai seni, di central market ini juga banyak dijual aneka snack untuk oleh-oleh, walau harganya agak mahal. Tapi saya rada bingung beli oleh-oleh snack di sini karena kebanyakan snack nya sama dengan yang ada di Indonesia. Di sebelah kiri bangunan central market ada lorong bernama kasturi walk yang juga berisi banyak pedagang cinderamata, Kasturi walk ini dinaungi oleh atap berbentuk layangan wau bulan yang merupakan layangan khas malaysia.

Kasturi Walk dan Layangan Wau Bulan
Kasturi Walk dan Layangan Wau Bulan
Inside the Central market
Inside the Central market
Sibuk pilih oleh-oleh
Sibuk pilih oleh-oleh

Petalling Street

Setelah menjelajahi central market, kita menuju ke petalling street. Petalling street ini adaalh china town-nya Malaysia, di mana isinya adalah kumpulan pedagang kaki lima yang menjual souvenir khas malaysia dengan harga murah.

Petalling street ini gampang dikenali karena pintu masuknya yang seperti gerbang khas china (tentunya ada tulisan petalling street), dan hiasan lampion tinggi di langit-langitnya. begitu memasuki kawasan petalling kita akan disambut hingar bingar musik khas China (seperti barongsai), tapi begitu masuk lebih ke dalam, suasananya persis di tanah abang. Lucunya dari awal saya masuk ke Malaysia, mulai dari bus hingga ke petalling ini, di mana-mana banyak diputar lagu band Indonesia seperti Peter Pan, Ungu, ST 12, Wali dll, hahahaha.

Petaling Street
Petaling Street
Inside china town with lampions
Inside china town with lampions

Kalau kamu mencari souvenir murah jangan lupa untuk datang ke sini, karena di sini sudah murah masih boleh ditawar pula. Bagi yang sudah biasa dengan barang-barang palsu di Jakarta seperti Rolex palsu, Adidas palsu, Prada palsu dan barang-barang asli tapi palsu pasti langsung familiar dengan daerah ini. Semua barang yang dijual disini palsu, dan kalau harga, kalau boleh saya bilang sepertinya sih lebih murah di Jakarta. Kalau mau beli oleh-oleh buat keluarga di Indonesia dan dengan harga yang relatif murah seperti kaos-kaos Kuala Lumpur, miniatur Petronas Towers, dan pernik2 lainnya disini lah tempatnya. Soal harga sebaiknya tawar harganya sampai 75% dari harga yang ditawarin pedagangnya. Kalau nawar barang disini harus tega, kalau enggak, wah nyesel nanti beli barang yang ternyata masih bisa ditawar lebih murah.

Jika bukan muslim ada baiknya mencoba masakan-masakan Cina disini yang relatif murah dan enak rasanya. Bagi yang muslim biasanya yang punya restoran akan bilang bahwa makanan ini ada babinya. Di Petalling street ini ada beberapa street food, salah satunya adalah gerai minuman bernama air mata kucing yang menurut saya enak banget. Air mata kucing ini sebenarnya adalah air tebu yang dicampur dengan buah longan. Ada juga penjual kacang yang saya gak tau namanya apa dan banyak tersebar di sini. Puas mencari souvenir untuk oleh-oleh , kami kembali ke hotel lagi untuk beristirahat.

Gerai Air Mata Kucing
Gerai Air Mata Kucing

Author:

maybe i'm late on falling love with travelling, but later is better than never, get ready for travelling with the baby moms

One thought on “Day 7 Kantoi ch 3 : Nyari oleh-oleh khas Malaysia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s