Posted in Bali, Indonesia

GWK

Image
GWK Cultural Park

map

Next Destination is Garuda Wisnu Kencana Cultural Park atau yang bekennya biasa disebut GWK.Lagi-lagi saya ke sini karena memang belum pernah ke sini dan tertarik sama materi publikasi di media. GWK ini adalah proyek ambisius untuk membuat sebuah icon baru untuk Pulau Bali berupa wujud Dewa Wisnu yang sedang mengendarai Garuda, kalau sudah rampung, kelak katanya akan lebih megah dan besar daripada Liberty di USA. Tapi berhubung krisis moneter dan korupsi di negara tercinta kita ini, entah kapan rampungnya proyek impian ini. Kalau kamu pingin tau lebih jelasnya GWK bisa lihat di website resminya.

gwk2
Wisnu @ Plaza Wisnu

Kita sampai di sini around 13.00 WITA, jadi udaranya masih panas terik,ceritanya kita cari parkir di tempat yang adem, ternyata bablas terus sampai di puncaknya GWK, dan dari loket yang kita masuki itu adalah plaza wisnu ,letaknya persis di depan Patung Dada Wisnu. Jadi kalau turis lain masuknya lewat pintu masuk utama yang ada di depan street theather, kita malah pakai jalur sebaliknya.

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park
Model Full GWK

Karena baby gendis sudah mulai menunjukkan gejala kerewelan, akhirnya kita berhenti dulu cukup lama di Bale Bengong yang ada di Plaza Wisnu. Bale Bengong ini memang diperuntukkan untuk istirahat para wisatawan yang berkunjung, bangunannya berupa pelataran beratap khas Bali, di sekitarnya rindang sama pepohonan, jadinya sejuk dan nyaman berlama-lama duduk di sini. Pemandangan dari sini juga bagus, dari letaknya yang di atas bukit, kita bisa melihat teluk dreamland dari ketinggian. Untuk yang pingin melihat lebih jelas juga disediakan teropong (tapi bayar lagi lho ya, gak mahal kok). Kalau kamu pingin tau wujud patung GWK ini nanti jadinya kayak apa, di Bale Bengong ini ada miniatur model full GWK. Di sekitar saya tampaknya kebanyakan adalah peserta tur domestik dari luar Bali, berhubung pemandunya menjelaskan kencang-kencang, lumayan saya bisa dapet tur gratisan, hehehe. Di sebelah patung wisnu ini ada mata air yang diberi nama Parahyangan Somaka Giri yang diyakini sebagai air suci, wanita yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan mendekati mata air ini lho.

313434_10151589803044623_2053549118_n
Baby Gendis @ Bale Bengong
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Garuda’s head

Kelar istirahat, kita beranjak turun bukit ke plaza kura-kura. Di tengah tangga menuju plaza kura-kura, ada spot di mana kita bisa berfoto dengan patung kepalanya Garuda.Yang namanya plaza kura-kura ini sebenarnya adalah area di mana ada kolam dan patung kura-kura, just it.

Plaza kura-kura
Plaza kura-kura

Turun lagi adalah area street theater di mana biasanya dilangsungkan pertunjukkan tari tradisional Bali, nontonnya gratis kok, kalau mau lebih worthed lagi tunggu pertunjukkan tari kecaknya yang biasanya dilangsungkan saat malam hari, pertunjukkan tari kecak diadakan di bangunan amphitheater di samping street theater.

Selebihnya isi dari GWK ini adalah lapangan luas yang dinamakan lotus pond , merupakan area outdoor terluas di Bali , lapangan ini dikelilingi pilar bukit-bukit cadas berlumut diselingi dengan relief cerita tentang Garuda.  Btw, kalau kamu tumbuh besar di keluarga yang sangat menyukai pewayangan seperti saya, cerita seperti ini pasti sudah hapal, hahaha.

Sayangnya menurut saya kalau kamu gak menguasai teknik fotografi, hasil jepretan kamu bakal biasa-biasa saja dan malah terkesan butek dan boro-boro keliatan menarik. Hal tersebut saya rasakan sendiri karena materi publikasi yang ada di website GWK menghadirkan foto-foto yang indah sekali, tapi begitu ke sana saya merasa tempatnya biasa saja dan gak banyak yang bisa dilihat.

Street Theatre
Street Theatre
Balinese Dancers performance
Balinese Dancers performance

Lotus Pond

Kalau kamu memutuskan berkunjung ke sana, better ke sana sore hari saat udaranya sudah agak sejuk, karena di sana pohon-pohonnya minim banget selain itu konturnya berbukit-bukit, jadi lumayan bikin capek dan kalau memang nekad berkunjung di siang hari sebaiknya bawa topi atau payung, jangan lupa juga siapin air minum yang banyak.

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan
Badung 80364 PO BOX 139 Nusa Dua
Bali, Indonesia
Phone : 62 (361) 703 603
Fax : 62 (361) 703 626
E-mail : marketing@gwk-culturalpark.com
E-mail : jendelabali@gwk-culturalpark.com

Author:

maybe i'm late on falling love with travelling, but later is better than never, get ready for travelling with the baby moms

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s